Selasa, 08 Januari 2013

Pulau Lengkuas, Tanjungbinga, Belitung


Pulau lengkuas adalah salah satu pulau tujuan wisata yang ada di sekitar kepulauan Belitung. Pulau ini terletak di sebelah utara desa tanjung Binga, Kecamatan sijuk, Tanjungpandan. Biasanya jika melalui paket wisata, pulau ini akan menjadi satu paket kunjungan dengan beberapa pulau kecil lainnya yang berada tidak jauh dari pulau ini, diantara nya Pulau Babi, Pulau Pasir, dan Pulau burung. Pulau lengkuas tidak lah luas, tidak sampai satu hektar, sehingga jika kita berkunjung ke pulau ini tidak perlu menginap untuk menikmati keindahan alam di sekitar pulau. Di sekitar pulau ini, terdapat juga pulau batu-batu granit yang tertata rapi, yang bisa kita jelajahi hanya dengan berjalan kaki menyeberangi air laut dengan kedalam 1 s/d 1,5 meter. Dengan kombinasi air yang jernih serta pasir nya yang putih, kita dapat melihat dengan jelas dasar pantai, termasuk karang karang dan ikan ikan yang berenang di dalamnya.
Nama pulau Lengkuas sendiri belum jelas asal usulnya. Mengapa pulau ini dinamakan dengan salah satu bumbu dapur, yaitu lengkuas, yang pasti jika menurut penduduk setempat tidak ada kaitannya. Nama Lengkuas sudah dari sejak zaman dahulu, dan dikenal hingga turun temurun.
Satu hal yang menarik dari pulau ini, yaitu adanya Mercusuar Tua, peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1882. Mercusuar ini tetap berdiri kokoh dan masih berfungsi sebagaimana mestinya, walaupun telah dimakan usia. Tidak ada perincian yang jelas mengenai mercusuar ini, hanya tahun berdiri saja, untuk ketinggiannya di perkirakan berkisar ± 50 meter. Dengan 17 lantai di dalamnya, wisatawan bebas keluar masuk hingga menuju bagian teratas dari mercusuar. Dari atas mercusuar kita bisa melihat dengan jelas keindahan diseluruh kawasan pulau dari segala penjuru.
Pulau lengkuas termasuk pulau tanpa penghuni, hanya ada 3 orang saja yang tinggal disini secara bergantian menjadi operator di mercusuar pulau. Disarankan bagi anda untuk membawa bekal sendiri jika pengen berlama lam di pulau ini. Jangan lupa untuk membawa persediaan air bersih. Walaupun terdapat toilet dipulau ini, namun persediaan air nya sangat sedikit. Dan demi menjaga kebersihan dan keindahan pulau ini, diharapkan tidak meninggalkan sampah di pulau ini. Sehingga kita bisa menjaga kelestarian dan keindahan pulau ini.
Untuk mengunjungi Pulau ini, dapat ditempuh dari pusat kota kurang lebih 24 KM. dengan menggunakan mobil rental yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan, dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam. anda dapat langsung menuju dermaga yang ada didesa tanjung binga, atau ke pantai tanjung kelayang.  dermaga kedua tanjung ini  merupakan tempat berlabuh kapal-kapal motor yang bisa di sewa untuk menuju pulau ini serta beberapa pulau lainnya. Untuk harga sewa kapal motor berkisar Rp. 300.000,- s/d 400.000,- per rombongan, harga tersebut belum termasuk harga sewa pelampung atau peralatan snorkeling.

0 komentar:

Posting Komentar