Senin, 07 Januari 2013

Pemandian Alam Tirta Marundang, Tanjungpandan, Belitung


Selain terkenal dengan Pantai pantai nya yang sangat indah, di Kota Tanjungpandan juga terdapat wisata alam, yaitu Pemandian Alam Tirta Marundang, tempat pemandian ini masih mempunyai suasana alam yang sejuk dan alami, pepohonan yang ada di area pemandian ini masih asli dan di biarkan tumbuh disela sela kawasan pemandian ini. Terdapat 2 kolam pemandian di tempat ini. Sebenarnya kolam pemandian ini merupakan aliran sungai marundang yang lebar dan mempunyai arus yang deras, sewaktu di temukan nya tempat pemandian ini, belum ada kolam pemandian, jadi wisatawan yang ingin berenang disini langsung berenang di aliran sungai Marundang. namun untuk menjaga kenyamanan bagi wisatawan yang ingin berenang di pemandian ini, aliran sungai marundang di bentuk menjadi 2 kolam pemandian dengan kedalaman yang berbeda. Namun untuk menjaga kealamian tempat ini sumber air kolam ini tetep bersumber dari sungai Marundang. Sehingga air yang ada di kedua kolam ini selalu mengalir, dan air yang ada di dalam kolam selalu fresh. Selain itu aliran sungai Marundang tetap mengalir, walau pun pada saat musim Kemarau. Dengan air kolam yang jernih dan bening kita bisa melihat dengan jelas dasar kolam yang berupa pasir putih dan ikan ikan air tawar yang sengaja dibiar kan bebas didalam kolam oleh pengelola. Ikan ikan yang ada di kolam kolam pemandian ini menurut informasi dari pihak pengelola, merupakan ikan ikan jenis air tawar yang memang hidup dialiran sungai Marundang.
Fasilitas wisata yang di suguhkan tempat pemandian ini termasuk komplit, tersedia kafe, kantin dengan berbagai jenis makanan, ruang bermain anak anak, kamar mandi, kamar ganti, kebun tanaman bunga dan buah buahan, serta memiliki areal parkir yang sangat luas. Setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat local. Terlebih pada saat akhir pekan, atau hari libur, tempat ini sangat ramai dikunjungi baik oleh masyarakat local, maupun wisatawan domestic. Untuk memasuki kawasan ini wisatawan yang berkunjung akan dikenakan retribusi Rp. 5.000,-/ org nya.
Pemandian Alam Tirta Marundang terletak di Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk dapat di tempuh dari pusat Kota Tanjungpandan sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan mobil rental yang dapat kita sewa di beberapa hotel/penginapan yang ada di pusat kota, Harga rental mobil berkisar Rp. 350.000 ( dengan supir ) s/d Rp. 250.000 (tanpa supir) per 24 jam nya

0 komentar:

Posting Komentar