Senin, 07 Januari 2013

Pantai Punai, Belitung Timur, Belitung


Hampir semua pantai yang ada di Pulau Belitung mayoritas memiliki pantai berpasir putih. Pantai Punai juga salah satu diantaranya. Pantai Punai merupakan salah satu pantai yang terletak di bagian ujung Selatan Pulau Belitung. Tepat nya di Desa Tanjung Kelumpang,  Simpang Pesak, Kecamatan Dendang. Dari Pusat Kota Tanjungpandan pantai ini dapat ditempuh dengan jarak ± 93 KM dan dengan waktu 1,5 s/d 2 jam perjalanan. Pantai ini masih sangat alami, dan masih dalam tahap pengembangan wisata oleh Pemda setempat. Seperti hal nya pantai pantai lain yang ada di Pulau Belitung, Pantai ini juga memiliki pasir putih, bebatuan granit yang tersebar di pinggir pantai dari ukuran yang besar hingga kecil dan air laut yang jernih dan kebiru biruan serta pepohonan nyiur dan cemara laut.
Pemandangan alam di pantai ini benar benar masih alami dan sangat indah. Di pagi hari kita akan menyaksikan para Nelayan local yang Pulang dari Laut dengan berbagai macam hasil tangkapan nya. Kita juga bisa memilih dan membeli ikan ikan segar hasil dari tangkapan para nelayan local tersebut. Terlebih pada sore hari, jika cuaca bersahabat, kita bisa menyaksikan matahari terbenam dengan jelas dari  pinggir pantai ini. Selain itu kontur pasir pantai yang landai, ombak yang tenang, serta air laut yang jernih dan bersih menjadikan pantai ini bisa untuk berenang. Asal nama pantai Punai sendiri, menurut informasi yang didapat dari penduduk setempat, berasal dari salah satu nama jenis burung yang banyak hidup bebas di pepohonan hijau yang ada di kawasan pantai ini. Nama burung tersebut yaitu Burung Punai. Karena pantai ini masih dalam tahap pengembangan, fasilitas wisata yang ada di pantai ini masih minim, hanya terdapat beberapa shelter dan panggung terbuka yang hanya digunakan pada waktu tertertu oleh masyarakat sekitar.
Untuk menuju pantai Punai ini dari pusat kota Tanjungpandan dapat ditempuh dengan waktu 1,5 s/d 2 jam perjalanan. kita bisa merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.  Dengan harga berkisar Rp. 350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam.

1 komentar:

Posting Komentar